Teks Deskripsi Kelas 7 SMP

Teks Deskripsi adalah sebuah paragraf dimana gagasan utamanya disampaikan dengan cara menggambarkan secara jelas objek, tempat, atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada pembaca. Sehingga pembaca seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang diungkapkan dalam teks tersebut.

 

Struktur Teks Deskripsi

Struktur teks deskripsi dibedakan menjadi 3, yaitu : Identifikasi, Klasifikasi, dan Deskripsi.

1.    Identifikasi, 

Pada bagian identifikasi penulis harus menentukan elemen-elemen yang akan dicantumkan dalam teks deskripsi tersebut sesuai dengan topiknya, pada tahap ini penulis mulai menentukan identitas dari seorang tokoh didalam teks tersebut, benda, peristiwa serta tempat  sebagai objek yang akan dideskripsikan

2.    Klasifikasi

Pada bagian ini penulis mulai menentukan penyusunan kalimat dalam sebuah kelompok yang memiliki aturan dan sesuai dengan kaidah serta standar yang telah ditetapkan. Teks yang telah dibuat secara sistematis ini bertujuan untuk membuat penulis lebih gampang dalam menulis gagasan-gagasan yang ingin disampaikan oleh si penulis.

3.    Deskripsi

Pada bagian ini, penulis mulai membuat gambaran-gambaran atau bagian-bagian yang akan dibahas dalam teks tersebut. Dengan membuat sebuah pemaparan ini, objek dalam topik tersebut bisa dituliskan secara mudah sehingga gampang dipahami oleh pembaca.

Ciri-ciri Teks Deskripsi

-       Melukiskan sesuatu

-       Topik yang berupa objek atau benda digambarkan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indera (penglihatan, pendengaran, penciuman dan lain-lainya)

-       Membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri atau mengalami sendiri dengan seolah-olah mereka terbawa dalam suasana saat membacanya

-       Banyak ditemukan kata-kata sifat di dalamnya serta kata-kata yang digunakan merupakan kata-kata yang lumrah atau menggunakan bahasa yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari

-       Menggunakan frasa yang mengandung kata benda

-       Mengandung kata keterangan yang bertujuan untuk memberikan informasi tambahan mengenai suatu objek

-       Menggunakan beberapa bahasa kiasan seperti perumpamaan atau metafora

-       Dalam penjelasanya memaparkan sifat objek atau ciri-ciri fisik tertentu seperti bentuk, ukuran, warna, dan kepribadian secara jelas dan terperinci

 

Contoh Teks Deskripsi


Gunung Merbabu

 

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak gunung. Ada beberapa gunung berapi yang masih aktif seperti Gunung Merapi dan Gunung Semeru. Ada juga gunung-gunung yang sudah tidak aktif. Salah satunya adalah Gunung Merbabu. 

Gunung Merbabu adalah gunung yang terletak di Jawa Tengah. Gunung ini cukup populer di kalangan pendaki. Untuk mendaki gunung berketinggian 3142 MDPL ini, pendaki dapat melewati jalur Selo, Wekas, dan beberapa jalur lain. Pada hari libur, gunung ini biasanya akan ramai dikunjungi oleh para pendaki. Jalurnya yang tidak terlalu curam serta pemandangannya yang indah menjadi alasan bagi para pendaki untuk menjadikannya sebagai destinasi pendakian. 


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENJELASKAN ISI TEKS DESKRIPSI